PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH
JURNAL Pendidikan
SAMAWA
1. Artikel yang dikirim ke Jurnal Pendidikan
SAMAWA (JPS) meliputi hasil penelitian
(paling lama 5 tahun pada saat naskah diajukan) bidang pendidikan. Naskah
diketik dengan program Microsoft Word, huruf Times New Roman, ukuran
12 pts, dengan spasi 1,5 dicetak pada
kertas A4 sepanjang maksimum 15-20 halaman, dengan margin kiri-atas-kanan-bawah berturut-turut: 3,5 – 3 - 2,5 - 3 dan diserahkan
dalam bentuk cetakan (print-out) sebanyak 2
eksemplar beserta soft-copy-nya. Pengiriman naskah juga dapat
dilakukan sebagai attachment e-mail ke alamat: darli306@gmail.com atau nasrullahdarwis@rocketmail.com.
2. Nama penulis
artikel dicantumkan tanpa gelar
akademik dan ditempatkan di bawah judul
artikel. Jika artikel ditulis bersama tim, anggota penulis dicantumkan di bawah nama penulis utama. Penulis harus
mencantumkan institusi asal dan alamat email (bagi penulis utama) untuk
memudahkan komunikasi. penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang
namanya tercantum pada urutan pertama
3. Sistematika artikel hasil penelitian adalah judul (maks: 12 kata)
Judul
dicetak dengan huruf kapital di tengah-tengah, dengan ukuran huruf 14 poin, nama penulis (tanpa gelar akademik),. abstrak terdiri dari bahasa
indonesia dan bahasa inggris (dalam satu
paragraf, maks 200 kata) yang memuat tujuan, metode, dan hasil penelitian, kata kunci (maks
3-5 kata); pendahuluan yang memuat latar belakang, rangkuman kajian teoritik,
dan tujuan penelitian (maksimum 40 % dari keseluruhan isi artikel), Metode, hasil dan pembahasan yang berisikan bagian hasil (ada subjudul) dan bagian pembahasan (ada
subjudul), simpulan yang memuat simpulan dan saran (tanpa judul), serta daftar rujukan (hanya memuat sumber-sumber
yang dirujuk). Tabel dan gambar
diberi nomor dan judul
4. Sumber rujukan
minimal 80% berupa pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang digunakan adalah
sumber-sumber primer berupa artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau
laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi). Atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau majalah ilmiah
5. Perujukan dan pengutipan menggunakan
teknik rujukan berkurung (nama akhir, tahun). Pencantuman sumber pada kutipan
langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal
kutipan. Contoh: (Darwis, 2015: 55).
6. Daftar Rujukan diurutkan
secara alfabetis dan kronologis dengan tata cara seperti contoh berikut ini.
Buku:
Anderson, D.W., Vault, V.D.,
& Dickson, C.E. 1999. Problems and Prospects for the Decades Ahead:
Competency Based Teacher
Education. Berkeley: McCutchan
Pubishing Co.
Buku kumpulan artikel:
Saukah, A. & Waseso, M.G.
(Eds.). 2002. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah (Edisi ke-4, cetakan
ke-1). Malang: UM Press.
Artikel dalam buku kumpulan artikel:
Russel, T. 1998. An Alternative
Conception: Representing Representation. Dalam P.J. Black & A. Lucas
(Eds.), Children’s Informal Ideas in
Science (hlm. 62-84). London:
Routledge.
Artikel dalam jurnal atau majalah:
Kansil, C.L. 2002. Orientasi Baru
Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Industri. Transpor, XX (4): 57-61.
Artikel dalam
koran:
Pitunov, B. 13 Desember, 2002. Sekolah Unggulan ataukah
Sekolah Pengunggulan? Majapahit Pos, hlm. 4 & 11.
Tulisan/berita
dalam koran (tanpa nama pengarang):
Jawa
Pos. 22 April, 1995. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm. 3.
Dokumen
resmi:
Pusat Pembinaan dan Pengembangan
Bahasa. 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud.
Undang-undang Republik Indonesia
Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.
Buku terjemahan:
Ary, D., Jacobs, L.C., &
Razavieh, A. 1976. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh
Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha
Nasional.
Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Peneitian:
Darwis, Nasrullah. 2015. Pengembangan Model Supervisi Bimbingan dan Konseling dengan Teknik
Structured group Supervision untuk Guru BK SMK. Tesis. Tidak diterbitkan. Semarang: Program Pascasarjana Unnes Semarang.
Makalah seminar, lokakarya, penataran:
Mahmud, Alimuddin. 2015. Pengembangan kualitas pribadi sosial konselor dalam
membentuk generasi bangsa menuju generasi emas 2045. Makalah disajikan
dalam Seminar Nasional Pendidikan dan Workshop Bimbingan dan Konseling, Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Makassar, 23-24 Maret 2015.
Internet (karya individual):
Hitchcock, S., Carr, L., &
Hall, W. 1996. A Survey of STM Online Journals, 1990-1995: The Calm before
the Storm, (Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey/survey.html), diakses 12 Juni 1996.
Internet (artikel dalam jurnal online):
Halim. 1998. Pengukuran Bekal Awal
Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), Jilid 5, No. 4, (http://www.unm.ac.id), diakses 20 Januari 2014.
Internet (bahan diskusi):
Wilson, D. 20 November 1995. Summary of Citing
Internet Sites. NETTRAIN Discussion List, (Online), (NETTRAIN@ubvm.cc.buffalo.edu),
diakses 22 November 2014.
Internet (e-mail pribadi):
Naga,
D.S. (ikip-jkt@indo.net.id). 1 Oktober
1997. Artikel untuk JIP. E-mail kepada Ali Saukah (jippsi@mlg.ywcn.or.id).
13. Semua naskah ditelaah secara
anonim oleh mitra bebestari (reviewers) yang ditunjuk oleh penyunting menurut bidang kepakarannya. Penulis artikel
diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar
rekomendasi/ saran
dari mitra bestari atau penyunting.
14. Segala sesuatu yang menyangkut perizinan pengutipan
atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HaKI
yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang
mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel.
15. Sebagai prasyarat bagi proses artikel, para penyumbang naskah
menjadi pelanggan minimal selama satu tahun (dua nomor). Penulis yang
artikelnya dimuat wajib membayar kontribusi biaya cetak sebesar Rp. 300.000,00 (tiga ratus lima puluh ribu rupiah)
perjudul.
16. Untuk konfirmasi langsung dapat menghubungi kami ke Aan Andayani: 087863615071
dan Nasrullah Darwis: 081353514705.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar