RPP PAI KLS VII



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah
:
SMPN ….
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester
Alokasi  Waktu                       
:
VII / 2
2 x 40 menit ( 1 pertemuan )



A.     Standar Kompetensi
:
12. Memahami tatacara salat Jumat
B.     Kompetensi Dasar
:
12.2. Mempraktikkan salat Jumat

C.     Indikator
1.Siswa dapat menyebutkan beberapa persiapan untuk melaksanakan shalat jum’at ( 
   C1=Cognetif )
2. Siswa dapat menjelaskan tata cara shalat jum’at ( C1 = Cognetif )
3. Siswa dapat mempraktekkan shalat jum’at

D.     Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui diskusi kelompok siswa dapat menyebutkan beberapa persiapan untuk melaksanakan shalat jum’at
2.      Melalui diskusi kelompok siswa dapat menjelaskan tata cara shalat jum’at
3.      Melalui unjuk kerja, demonstrasi, siswa dapat mempraktikan shalat jum’at

E.      Materi Pembelajaran                : Shalat Jum’at
F.      KKM                                       : 78
G.     Strategi Pembelajaran              
1.      Pendekatan                                    : CTL, Pakem, EEK
2.      Model Pembelajaran          : Kooperatif  Learning
3.      Metode                              : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Demonstrasi ( Unjuk Kerja

H.     Langkah-Langkah Pembelajaran

Sintaks
Kegiatan Guru
Kegiatan Siwa
Alokasi Waktu
Metode
Karakter

Fase I
Penyampaian Tujuan dan Motivasi
Kegiatan Awal
Apersepsi:
-Guru memeriksa kesiapan siswa dengan menanyakan siapa yang tidak hadir dan mengisi absen.
-Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-Mengajukan pertanyaan “ Jelaskan pengertian shalat jum’at…..!
Siswa mendengarkan, menjawab pertanyaan guru, mencatat
( Eksplorasi )
± 10 Menit
Ceramah, Tanya Jawab

Rasa ingin Tahu
Tekun
Fase II
Penyampaian Imformasi Pengetahuan, Keterampilan
Kegiatan Inti
Secara Umum guru menyampaikan persiapan persiapan untuk melaksanakan shalat jum’at
Siswa mendengarkan dan mencatat imformasi yang disampaikan oleh guru.
( Eksplorasi )
± 60 Menit
Ceramah

Rasa Ingin Tahu
Fase III
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar
-Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok belajar.
-Menyampaikan mekanisme kerja kelompok, dll.
Siswa  duduk dan berkumpul berdasar kelompoknya masing-masing,mendengarkan,mencatat aturan serta mekanisme kerja,kelompok,mendalami materi  bersama anggota kelompok masing
( Elaborasi )

Ceramah

Rasa Ingin Tahu, Kerja Keras
Disiplin
Fase IV
Mengecek, membimbing kerja kelompok

Guru sambil berjalan membimbing, mengamati mengarahkan kelompok belajar.

Siswa bersama anggota kelompok bekerja mendalami materi dalam buku paket dan LKS, baik dengan cara Tanya jawab antar anggota kelompok guna menghafal materi pelajaran sesuai urutan tujuan pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru.

Fase V
Evaluasi
Guru mengadakan evaluasi dengan meminta dua kelompok maju kedepan kelas untuk unjuk kemampuannya baik secara kelompok maupun individu dengan cara guru membagi kartu yang berisikan soal dan jawaban kepada kelompok lain berdasarkan kartu yang dipegang masing-masing anggota kelompok sambil guru member nilai
Siswa menunjukaan kemampuannya kedepan kelas bersama kelompoknya masing-masing, bertanya jawab dengan kelompok lain berdasarkan pertanyaan yang telah dibagikan guru
( Elaborasi )
Presentasi
Tanya Jawab
Diskusi

Tanggung Jawab
Kerja Keras
Fase VI
Memberikan Riward
Penutup
-Guru membuat rangkuman serta kesimpulan materi bersama siswa dengan mengajukan pertanyaan secara coor,
-Memberikan reward kepada semua kelompok yg telah bekerja dengan baik.
-Mengadakan refleksi dengan menanyakan kepada siswa tentang proses KBM hari ini.
-Memberikan tugas mempraktikan shalat jum’at ditempat tinggal masing-masing dengan mengisi instrument yang telah disiapkan guru.
-Menutup KBM bersama siswa dengan mengucapkan “Alhamdulillahirabbil a’lamin, dan memberi salam
Siswa menerima dan mengucapkan terima kasih dan bertepuk tangan atas penghargaan yang diberikan guru kepada masing-masing kelompok


Dan menjawab secara bersama-sama pertanyaaan yang diajukan oleh guru, dan menutup pembelajaran dengan mengucapkan ‘Alhamdulillah hirabbil ‘Alamin. Dan menjawab salam guru
±10 Menit
Ceramah
Tanya Jawab




G. Sumber Belajar                   : Buku Paket PAI Kelas VII,
H. Sistem Penilaian                  : Penilaian Proses dan HAsil Belajar
     Bentuk Penilaian                 Tes Kognetif (Tulis, Lisan ) Tugas
I    Instrumen Penilaian

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
§  Menyebutkan beberapa persiapan untuk melaksanakan shalat Jum’at.
§  Menjelaskan tatacara shalat Jum’at.
§  Mempraktikkan shalat Jum’at di sekolah dan di masjid.
Unjuk kerja

Tes identifikasi




Tugas Individu
§  Sebutkan beberapa persiapan untuk melaksanakan shalat Jum’at.
§  Jelaskan tatacara shalat Jum’at.
§  praktikkan shalat Jum’at di sekolah dan di masjid dengan baik!

Rubrik:
Aspek yang dinilai
Indikator kemampuan
Nilai

·         Bacaan-bacaan, baik bacaan rukun maupun sunah
·         Gerakan-gerakan rukun
·         Kekhusyu’an / tumakninah / penghayatan
·    Melaksanakan salat Jumat tanpa melakukan kesalahan dalam perannya sebagai jamaah, muazin, khatib atau imam.
·    khusyu’
100

·    kurang khusyu’
95

·    Melaksanakan salat Jumat dengan melakukan 1-10 kesalahan dalam perannya sebagai jamaah, muazin, khatib atau imam.
·    khusyu’
90

·    kurang khusyu’
85

·    Melaksanakan salat Jumat dengan melakukan 11-20 kesalahan dalam perannya sebagai jamaah, muazin, khatib atau imam.
·    khusyu’
80

·    kurang khusyu’
75


·    Melaksanakan salat Jumat dengan melakukan 21-30 dalam perannya sebagai jamaah, muazin, khatib atau imam.
·    khusyu’
70

·    kurang khusyu’
65

·    Melaksanakan salat Jumat dengan melakukan lebih dari 30 kesalahan dalam perannya sebagai jamaah, muazin, khatib atau imam.
·    khusyu’
60

·    kurang khusyu’
55



........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



________________                                        ___________________
NIP                                                                   NIP 
                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar