|
( R P P )
Satuan Pendidikan : SMP Negeri Jakarta
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / Ganjil
Materi Pokok :
Cinta Ilmu Pengetahuan
Alokasi Waktu : 3 pertemuan (9
x 40 menit)
1. KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR:
NO.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
1
|
1.1
|
Menghayati Al-Qur'an sebagai implementasi dari
pemahaman rukun iman.
|
|
2
|
4.3.1
|
Membaca surah ar-Rahman/55:33 dan surah
al-Mujadalah/58:11, dengan tartil
|
1.
Menjelaskan hukum bacaan mad dalam surah ar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58:11 dengan benar.
2. Mendemontrasikan bacaan surah
ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11dengan tartil.
|
4.3.2
|
Menunjukkan hafalan surah ar-Rahman/55:33 dan surah
al-Mujadalah/58:11 dengan lancar.
|
1. Melafalkan hapalan ar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58:11 dengan lancar.
|
|
3
|
3.3
|
Memahami isi kandungan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
serta hadis yang terkait tentang menuntut ilmu.
|
1. Menyebutkan arti surah
ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang
menuntut ilmu.
2. Menjelaskan makna isi kandungan
surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadallah/58:11 serta
hadis tentang menuntut ilmu.
|
4
|
2.7
|
Menghargai perilaku semangat menuntut ilmu sebagai
implementasi dari surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
serta hadis terkait.
|
1. Menampilkan contoh perilaku
semangat menuntut ilmu sebagai implementasi surahar-Rahman/55:33 dan
surah al-Mujadalah/58:11, serta hadis terkait.
|
2. TUJUAN PEMBELAJARAN:
Pertemuan Pertama:
1. Diberikan kesempatan untuk mengkaji
tentang hukum bacaan mad, peserta didik dapat menjelaskan hukum bacaan mad
dalam surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11 dengan
benar.
2.
Diberikan kesempatan untuk berdiskusi tentang hukum bacaan mad, peserta didik dapat mengidentifikasi
hukum bacaan mad dalam surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
dengan benar
3. Diberikan kesempatan berlatih
membaca, peserta didik dapat mendemontrasikan bacaan surah ar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58:11dengan tartil.
Pertemuan Kedua:
1. Diberikan kesempatan berlatih
menghafal surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11,
peserta didik hafal surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
dengan lancar.
2. Diberikan kesempatan berlatih
dengan temannya, peserta didik dapat menyebutkan arti surah ar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu
dengan benar.
Pertemuan Ketiga:
1. Diberikan kesempatan berdiskusi
dengan temannya dalam satu kelompok, peserta didik dapat menjelaskan makna isi
kandungan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadallah/58:11
serta hadis tentang menuntut ilmu dengan benar.
2. Diberikan kesempatan mencermati
tayangan film, peserta didik dapat menampilkan contoh perilaku semangat
menuntut ilmu sebagai implementasi surahar-Rahman/55:33 dan surah
al-Mujadalah/58:11, serta hadis terkait dengan baik
3. MATERI PEMBELAJARAN:
Pertemuan Pertama:
1.
Hukum Bacaan Mad
1.
Pengertian Hukum Bacaan Mad
2.
Macam-Macam
Hukum Bacaan Mad
2.
Identifikasi Hukum Bacaan Mad dalam surah ar-Rahman/55:33
dan surah al-Mujadalah/58:11
3.
Bacaan Al Quran surah ar-Rahman/55:33 dan surah
al-Mujadalah/58:11
Pertemuan Kedua:
1.
Hafalan Al Quran surah ar-Rahman/55:33 dan surah
al-Mujadalah/58:11
2.
Arti surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
Pertemuan Ketiga:
1.
Makna surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
2.
Makna Hadits tentang menuntut ilmu.
3.
Contoh perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi
surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11, serta hadis
terkait.
4. METODE PEMBELAJARAN:
1.
Pendekatan
Scientific
2.
Model
pembelajaran Contextual
Teaching and Learning dan
Direct Instruction
3. Metode diskusi, drill,
dan demontrasi
4. SUMBER BELAJAR
1.
Kitab al-Qur’anul Karim dan
terjemahnya, Depag RI
2.
Buku
teks siswa PAI SMP Kelas VII
3.
Buku
lain yang memadai.
4. MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Media
1.
Video
Pembelajaran
2.
CD
Pembelajaran Tajwid Interaktif
2.
Alat
1.
Komputer
2.
LCD
Projector
3.
Kartu
berpasangan (matching card) lafadz dan artinya.
3.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
PERTAMA
1.
Pendahuluan ( 10 menit
)
1.
Guru membuka
pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta
didik dengan penuh khidmat;
2.
Guru memulai
pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/aya tpilihan (nama surat sesuai
dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
3.
Guru memperlihatkan
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran
dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
4.
Guru memberikan motivasi dan mengajukan
pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan
materi pelajaran.
5.
Guru menyampaikan kompetensi inti,
kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
6.
Guru membagi peserta didik dalam
beberapa kelompok.
1.
Kegiatan
inti ( 100 menit)
1.
Mengamati
1.
Membaca
bersama QS Al Mujadilah 11 dan Ali Imron 33
2.
mengamati
LCD Tentang QS Al Mujadilah 11 da Ali
Imron 33 dari Imam Masjidil Harom
tentang bacaan dan tulisan,
sambil mengevaluasi bacaanya
3.
Mencatat
hasil pengamatan terhadap hal- hal penting dari kekurangan bacaanya di bandingkan tayangan LCD
4.
Menanya
1.
Melalui motivasi
dari guru mengajukan pertanyaan kepada teman kelompok dan guru tentang hal- hal
yang belum jelas dari pengamatan terhadap tayangan LCD
2.
Explore
3.
Peserta
didik membaca mengulang bacaan QS Al
Mujadilah 11 dan Ar Rohman 33 secara bersama kemudian membaca bersama di kelompok kelompok
4.
Praktek
membaca satu persatu yang diamati oleh anggota kelompok dan memberi penilaian,
secara bergilir
5.
Asosiasi
1.
Anggota
yang lain mengamati dan mendiskusikan untuk memberi penilaian
2.
Memilih
diantara anggota kelompok yang paling bagus, fasih dan lancar untuk dijadikan
model
3.
Memilih
diantara temannya untuk menjadi Presenter, sekretaris dan pengamat
1.
Komunikasi.
1.
Mempresentasikan
Bacaan QS Al Mujadilah 11 dan Ar Rahman 33
di depan kelas
2.
Kelompok
lain mengamati dan memberi penilaian hasil presentasi Praktek kelompok
3.
Sekretaris menginvenaris hasil penilaian
masing –masing kelompok
4.
Selama pembelajaran berlangsung guru mengadakan penilaian proses dengan rubrik observasi dan memberi
penguat dari hasil presentasi
Guru memberi
penghargaan pada kelompok yang hasil presentasinya terbagus
1.
Penutup
1.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
2.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap
pembelajaran yang telah dilaksanakan.
3.
Guru memberikan reward kepada kelompok
“terbaik”, yakni:
1.
Kelompok yang benar dalam mengidentifikasi
hukum bacaan mad.
2.
Kelompok yang paling baik dalam membaca al-quran.
4.
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
5.
Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.
PERTEMUAN
KEDUA:
1.
Pendahuluan ( 10 menit )
1.
Guru membuka
pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta
didik dengan penuh khidmat;
2.
Guru memulai
pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan (nama surat sesuai
dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
3.
Guru memperlihatkan
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran
dan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk pesrta
didik.
4.
Guru memberikan motivasi dan
mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan
materi pelajaran.
5.
Guru menyampaikan kompetensi inti,
kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
6.
Guru mengkondisikan peserta didik
untuk duduk secara berpasangan (dalam jenis kelamin yang sama).
1.
Kegiatan
inti ( 100 menit)
1. Mengamati
1.
Menyimak
tayangan bacaan surah ar-Rahman/55:33 dan
surah al-Mujadalah/58:11.
2.
Secara
bergantian peserta didik menghafal dan menyimak hafalan surah ar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11.
1. Menanya
1.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik mengartikan Q.S. Ar-Rahman
(55): 33 dan Q.S.Al- Mujadalah (58): 11 dan hadist terkait tentang menuntut ilmu secara per kata dan keseluruhan.
1. Eksplore dan asosiasi
Game
“Maching Card”, dengan cara:
2.
Dengan bimbingan guru, peserta didik
mengkondisikan kelas untuk game.
3.
Guru
membagikan secara acak kartu yang telah dipersiapkan yang
berisi potongan-potongan ayat Q.S. Ar-Rahman (55):33, atau Q.S.Al- Mujadalah (58):11, atau hadits tentang ilmu
pengetahuan dan artidari potongan ayat atau hadits tersebut.
4.
(Game Pertama) Dengan
aba-aba guru, peserta didik diminta untuk mencari pasangan potongan-potongan kertas yang
berisi potongan-potongan ayat Q.S. Ar-Rahman (55): 33 dan Q.S.Al- Mujadalah (58): 11dan artinya
yang tersebar di antara mereka
5.
(Game Kedua) Dengan
aba-aba guru, peserta didik diminta berkelompok sesuai ayat atau hadits masing-masing,
dan membentuk satu ayat secara berurutan.
6.
(Game Ketiga)
Peserta didik diminta melafadzkan potongan ayat / hadits secara berurutan
sehingga terbaca satu ayat / hadits yang utuh.
7.
Dan seterusnya.
1. komunikasi
2.
Secara
berpasangan peserta didik mendemontrasikan hafalan dan arti ayat Q.S. Ar-Rahman (55):33, atau Q.S.Al- Mujadalah (58):11, atau hadits tentang ilmu
pengetahuan.
1.
Penutup
1.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaran.
2.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap
pembelajaran yang telah dilaksanakan.
3.
Guru memberikan reward kepada “pasangan
terbaik” yang hafal ayat dan mampu mengartikan ayatQ.S. Ar-Rahman (55):33, atauQ.S.Al-
Mujadalah (58):11, atau hadits tentang ilmu pengetahuan.
4.
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
5.
Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.
PERTEMUAN
KETIGA:
1.
Pendahuluan ( 10 menit
)
1. Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a
bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
2. Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayat
pilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
3. Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kehadiran,
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk peserta didik.
4.
Guru memberikan motivasi dan
mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan
materi pelajaran.
5.
Guru menyampaikan kompetensi inti,
kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
6.
Guru mengkondisikan peserta didik
untuk membentuk kelompok-kelompok kecil (terdiri 4 – 6 siswa)
7.
Kegiatan inti (
100 menit)
1. Mengamati
8.
Peserta
didik menelaah berbagai sumber belajar , sebagai dasar memahami makna ayatQ.S. Ar-Rahman (55):33, Q.S.Al-
Mujadalah (58):11, dan hadits tentang ilmu
pengetahuan.
9.
Peserta didik memperhatikan tayangan film yang berkaitan dengan
ilmu pengetahuan.
1. Menanya
1.
Peserta didik dengan dibantu motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang tayangan film yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan
1. eksplore
2.
Secara berkelompok peserta didik berdiskusi dengan tema-tema yang
berkaitan dengan pemahaman makna ayat dan tayangan film, misalnya:
1.
Akhlaq orang yang berilmu pengetahuan.
2.
Manfaat dan hikmah mempunyai ilmu pengetahuan.
3.
Syarat-syarat agar memperoleh ilmu yang bermanfaat.
4.
Nilai-nilai positif yang terdapat pada ayat Q.S. Ar-Rahman (55):33, Q.S.Al- Mujadalah (58):11, dan hadits tentang ilmu
pengetahuan .
5.
Contoh perilaku
seseorang yang gigih menuntut ilmu.
1. Asosiasi
6.
Memilih
diantara temannya untuk menjadi Presenter, sekretaris dan pengamat
1. Mengkomunikasikan
7.
Setiap kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusinya
dan ditanggapi kelompok lain.
8.
Penutup
1.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkanmateripembelajaran.
2.
Bersama-sama melakukan refleksi terhadap
pembelajaran yang telah dilaksanakan.
3.
Guru memberikan reward kepada “kelompok
terbaik” hasil diskusi dan
presentasinya.
4.
Guru menjelaskanmateri yang akandipelajaripada
pertemuan berikutnya.
5.
Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.
6. PENILAIAN
1.
Sikap spiritual
1.
Teknik
Penilaian : Penilaian diri
2.
Bentuk
Instrumen : Lembar penilaian diri
3.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Meyakini bahwa semua ilmu bersumber dari Allah swt.
|
Terlampir
|
2.
|
Meyakini bahwa menuntut
ilmu adalah perintah Allah swt.
|
Terlampir
|
3.
|
Meyakini bahwa umat
Islam wajib mempunyai ilmu
pengetahuan.
|
Terlampir
|
4.
|
Meyakini bahwa setiap ilmu
harus diamalkan
|
Terlampir
|
5.
|
Meyakini bahwa Allah swt
memuliakan terhadap orang yang berilmu
|
Terlampir
|
Instrumen: Terlampir
6.
Sikap sosial
1. Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
2. Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian
3. Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Suka
mengajarkan ilmu pengetahuan kepada temannya.
|
Terlampir
|
2.
|
Segera
memberikan bantuan pemahaman ketika dimintai tolong temannya tentang
pelajaran.
|
Terlampir
|
3.
|
Tidak
pelit ketika temannya meminjam buku pelajaran.
|
Terlampir
|
4.
|
Tidak menyombongkan
diri karena ilmu yang ia miliki.
|
Terlampir
|
5.
|
Tidak
membeda-bedakan pergaulan dengan dasar kepandaian.
|
Terlampir
|
Instrumen: Terlampir
6.
Pengetahuan
1.
Teknik
Penilaian :Tes Lisan
2.
Bentuk
Instrumen : Lembar penilaian tes
lisan
3.
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Dapat mengartikan Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33
|
Artikan Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33 dengan benar!
|
2.
|
Dapat mengartikan Q.S. Al- Mujadalah (58) ayat 11
|
Artikan Q.S. Al- Mujadalah (58) ayat 11 dengan benar!
|
3.
|
Dapat mengartikan salah
satu hadits yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan
|
Artikan salah satu hadits
yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan!
|
Instrumen: Terlampir
4.
Keterampilan
1.
Teknik
Penilaian : Performance
2.
Bentuk
Instrumen : Praktik
3.
Kisi-kisi:
No.
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Dapat membaca Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33
|
Bacalah Q.S. Ar-Rahman (55) ayat 33 dengan tartil!
|
2.
|
Dapat membaca Q.S. Al- Mujadalah (58) ayat 11
|
Bacalah Q.S. Al- Mujadalah (58) ayat 11 dengan tartil !
|
Instrumen: Terlampir
Jakarta,
26 Juni 2013
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Agama Islam
______________________ ______________________
NIP. ... NIP.
...
Lampiran
1 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap
Spiritual)
Nama Siswa
Kelas / Semester
|
:
:
|
..........................................
VII / Ganjil
|
|||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Penilaian diri.
|
|||||||||
Penilai
|
:
|
Lembar penilaian diri
|
|||||||||
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
Sangat Setuju
|
Setuju
|
Ragu-Ragu
|
Tidak Setuju
|
||||||||
1
|
Bahwa
semua ilmu bersumber dari Allah swt.
|
||||||||||
2
|
Bahwa
menuntut ilmu adalah perintah Allah swt.
|
||||||||||
3
|
Bahwa
umat Islam wajib mempunyai ilmu
pengetahuan.
|
||||||||||
4
|
Bahwa
setiap ilmu harus diamalkan
|
||||||||||
5
|
Bahwa
Allah swt memuliakan terhadap orang yang berilmu
|
||||||||||
JUMLAH SKOR
|
|||||||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ---------
Skormaksimal
|
|||||||||
CATATAN:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
|||||||||||
…………………….,
Tanggal : ……..……...
Siswa
yang bersangkutan
(……………………………………………….)
:
Lampiran
2 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap
Sosial)
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
|
:
:
|
..........................................
VII / Ganjil
|
|||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Penilaian antar
teman .
|
|||||||||
Petunjuk:
1.
Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
2. Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain
3.
Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap Peserta didik
|
|||||||||||
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
Selalu
|
Sering
|
Kadang-
kadang
|
TidakPernah
|
||||||||
1
|
Suka mengajarkan ilmu pengetahuan kepada
temannya.
|
||||||||||
2
|
Segera memberikan bantuan pemahaman ketika
dimintai tolong temannya tentang pelajaran.
|
||||||||||
3
|
Tidak pelit ketika temannya meminjam buku
pelajaran.
|
||||||||||
4
|
Tidak menyombongkan diri karena ilmu yang ia
miliki.
|
||||||||||
5
|
Tidak membeda-bedakan pergaulan dengan dasar kepandaian.
|
||||||||||
JUMLAH SKOR
|
|||||||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
Selalu
Sering
Kadang-kadang
Tidak pernah
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ---------
Skormaksimal
|
|||||||||
CATATAN:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
|||||||||||
…………………….,
Tanggal : ……..……...
Ketua
kelompok
(……………………………………………….)
Lampiran
3 : Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
Kelas / Semester
|
:
|
VII / Ganjil
|
|||||||||||||
KompetensiDasar
|
:
|
Memahamiisikandungan surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11
sertahadis yang terkaittentangmenuntutilmu.
|
|||||||||||||
Indikator
|
:
|
Menyebutkan arti surah ar-Rahman/55:33 dan
surah al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
|
|||||||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Lisan.
|
|||||||||||||
Penilai
|
:
|
Guru
|
|||||||||||||
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
|||||||||||||
1.
|
Mengartikan
QS. Al Mujadilah (58): 11
|
Artikan
QS. Al Mujadilah (58): 11 berikutini !
|
|||||||||||||
2.
|
Mengartikan
QS. Ar-Rahman (55): 33
|
Artikan
QS. Ar-Rahman (55):
33 berikutini!
|
|||||||||||||
3.
|
Mengartikan
Al-Hadits tentang menuntut ilmu
|
Artikan
Al-Hadits tentang menuntut ilmu di
bawahini !
|
|||||||||||||
No
|
Jawaban
|
||||||||||||||
1.
|
Allah akan meninggikan
orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu
pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang
kamukerjakan.
|
||||||||||||||
2.
|
Wahai jama'ah jin dan
manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, Maka
lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.
|
||||||||||||||
3.
|
Barangsiapa menghendiki dunia raihlah dengan ilmu, dan barang siapa yang menghendaki akhirat raihlah dengan ilmu dan barang siapa yang menghendaki keduanya raih
pula dengan ilmu
|
||||||||||||||
RUBRIK
PENILAIAN
|
|||||||||||||||
No.
|
Nama Surat
|
Kriteria
|
Skor
|
||||||||||||
Sangat Lancar
|
Lancar
|
Kurang Lancar
|
Tidak Lancar
|
||||||||||||
1
|
QS.
Al Mujadalah (58):
11
|
||||||||||||||
2
|
QS. Ar-Rahman (55): 33
|
||||||||||||||
3
|
Salah Satu Hadits tentang Ilmu Pengetahuan
|
||||||||||||||
JUMLAH
SKOR
|
|||||||||||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||||||
Sangat Lancar
Lancar
Kurang Lancar
TidakLancar
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ---------
Skormaksimal
|
|||||||||||||
Lampiran
4 : Instrumen Penilaian (Aspek Ketrampilan)
NamaPesertadidik
|
:
|
…………………………………………………
|
|||||||||||||||
Kelas / Semester
|
:
|
VII / Ganjil
|
|||||||||||||||
KompetensiDasar
|
:
|
Membaca
surahar-Rahman/55:33 dan surah al-Mujadalah/58:11, dengantartil
|
|||||||||||||||
TeknikPenilaian
|
:
|
Performance
|
|||||||||||||||
Penilai
|
:
|
Guru
|
|||||||||||||||
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
|||||||||||||||
1.
|
Membaca
QS. Al Mujadilah (58): 11
|
Artikan
QS. Al Mujadilah (58): 11 berikutini !
|
|||||||||||||||
2.
|
Membaca QS. Ar-Rahman (55): 33
|
Artikan
QS. Ar-Rahman (55):
33 berikutini!
|
|||||||||||||||
RUBRIK
PENILAIAN
|
|||||||||||||||||
NO.
|
NAMA SURAT
|
KRITERIA
|
SKOR
|
||||||||||||||
FASIH
|
TARTIL
|
KURANG TARTIL
|
TIDAK TARTIL
|
||||||||||||||
1
|
QS.
Al Mujadalah (58):
11
|
||||||||||||||||
2
|
QS. Ar-Rahman (55): 33
|
||||||||||||||||
JUMLAH
SKOR
|
|||||||||||||||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||||||||
Fashih
Tartil
Kurang Tartil
TidakTartil
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ---------
Skor maksimal
|
|||||||||||||||
CATATAN GURU
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
|||||||||||||||||


Tidak ada komentar:
Posting Komentar