PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH
JURNAL Pendidikan SAMAWA
1. Artikel yang dikirim ke Jurnal Pendidikan SAMAWA (JPS) meliputi hasil penelitian (paling lama 5 tahun pada saat naskah diajukan) bidang pendidikan. Naskah diketik dengan program Microsoft Word, huruf Times New Roman, ukuran 12 pts, dengan spasi 1,5 dicetak pada kertas A4 sepanjang maksimum 15-20 halaman, dengan margin kiri-atas-kanan-bawah berturut-turut: 3,5 – 3 - 2,5 - 3 dan diserahkan dalam bentuk cetakan (print-out) sebanyak 2 eksemplar beserta soft-copy-nya. Pengiriman naskah juga dapat dilakukan sebagai attachment e-mail ke alamat: darli306@gmail.com atau nasrullahdarwis@rocketmail.com.
2. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik dan ditempatkan di bawah judul artikel. Jika artikel ditulis bersama tim, anggota penulis dicantumkan di bawah nama penulis utama. Penulis harus mencantumkan institusi asal dan alamat email (bagi penulis utama) untuk memudahkan komunikasi. penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya tercantum pada urutan pertama
3. Sistematika artikel hasil penelitian adalah judul (maks: 12 kata) Judul dicetak dengan huruf kapital di tengah-tengah, dengan ukuran huruf 14 poin, nama penulis (tanpa gelar akademik),. abstrak terdiri dari bahasa indonesia dan bahasa inggris (dalam satu paragraf, maks 200 kata) yang memuat tujuan, metode, dan hasil penelitian, kata kunci (maks 3-5 kata); pendahuluan yang memuat latar belakang, rangkuman kajian teoritik, dan tujuan penelitian (maksimum 40 % dari keseluruhan isi artikel), Metode, hasil dan pembahasan yang berisikan bagian hasil (ada subjudul) dan bagian pembahasan (ada subjudul), simpulan yang memuat simpulan dan saran (tanpa judul), serta daftar rujukan (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk). Tabel dan gambar diberi nomor dan judul
4. Sumber rujukan minimal 80% berupa pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang digunakan adalah sumber-sumber primer berupa artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi). Atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau majalah ilmiah
5. Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama akhir, tahun). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan. Contoh: (Darwis, 2015: 55).
6. Daftar Rujukan diurutkan secara alfabetis dan kronologis dengan tata cara seperti contoh berikut ini.
Buku:
Anderson, D.W., Vault, V.D., & Dickson, C.E. 1999. Problems and Prospects for the Decades Ahead: Competency Based Teacher Education. Berkeley: McCutchan Pubishing Co.
Buku kumpulan artikel:
Saukah, A. & Waseso, M.G. (Eds.). 2002. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah (Edisi ke-4, cetakan ke-1). Malang: UM Press.
Artikel dalam buku kumpulan artikel:
Russel, T. 1998. An Alternative Conception: Representing Representation. Dalam P.J. Black & A. Lucas (Eds.), Children’s Informal Ideas in Science (hlm. 62-84). London: Routledge.
Artikel dalam jurnal atau majalah:
Kansil, C.L. 2002. Orientasi Baru Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Industri. Transpor, XX (4): 57-61.
Artikel dalam koran:
Pitunov, B. 13 Desember, 2002. Sekolah Unggulan ataukah Sekolah Pengunggulan? Majapahit Pos, hlm. 4 & 11.
Tulisan/berita dalam koran (tanpa nama pengarang):
Jawa Pos. 22 April, 1995. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm. 3.
Dokumen resmi:
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta: PT Armas Duta Jaya.
Buku terjemahan:
Ary, D., Jacobs, L.C., & Razavieh, A. 1976. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha Nasional.
Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Peneitian:
Darwis, Nasrullah. 2015. Pengembangan Model Supervisi Bimbingan dan Konseling dengan Teknik Structured group Supervision untuk Guru BK SMK. Tesis. Tidak diterbitkan. Semarang: Program Pascasarjana Unnes Semarang.
Makalah seminar, lokakarya, penataran:
Mahmud, Alimuddin. 2015. Pengembangan kualitas pribadi sosial konselor dalam membentuk generasi bangsa menuju generasi emas 2045. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan dan Workshop Bimbingan dan Konseling, Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Makassar, 23-24 Maret 2015.
Internet (karya individual):
Hitchcock, S., Carr, L., & Hall, W. 1996. A Survey of STM Online Journals, 1990-1995: The Calm before the Storm, (Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey/survey.html), diakses 12 Juni 1996.
Internet (artikel dalam jurnal online):
Halim. 1998. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), Jilid 5, No. 4, (http://www.unm.ac.id), diakses 20 Januari 2014.
Internet (bahan diskusi):
Wilson, D. 20 November 1995. Summary of Citing Internet Sites. NETTRAIN Discussion List, (Online), (NETTRAIN@ubvm.cc.buffalo.edu), diakses 22 November 2014.
Internet (e-mail pribadi):
Naga, D.S. (ikip-jkt@indo.net.id). 1 Oktober 1997. Artikel untuk JIP. E-mail kepada Ali Saukah (jippsi@mlg.ywcn.or.id).
13. Semua naskah ditelaah secara anonim oleh mitra bebestari (reviewers) yang ditunjuk oleh penyunting menurut bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/ saran dari mitra bestari atau penyunting.
14. Segala sesuatu yang menyangkut perizinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HaKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel.
15. Sebagai prasyarat bagi proses artikel, para penyumbang naskah menjadi pelanggan minimal selama satu tahun (dua nomor). Penulis yang artikelnya dimuat wajib membayar kontribusi biaya cetak sebesar Rp. 300.000,00 (tiga ratus lima puluh ribu rupiah) perjudul.
16. Untuk konfirmasi langsung dapat menghubungi kami ke Aan Andayani: 087863615071 dan Nasrullah Darwis: 081353514705.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar