RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (3)
Mata Pelajaran : PAI
Kelas/Semester : 7 / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 x 40 (1 jam pelajaran)
A. Standar Kompetensi
2. Memahami Asmaul Husna
B. Kompetensi Dasar
3.1. Menyebutkan arti ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sepuluh Asma’ul Husna ( C1 )
C. Indikator
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian Asmaul Husnah (C1=kognetif =gemar
Membaca)
2. Siswa dapat menyebutkan 10 Asmaul Husna ( C1=kognetif , gemar membaca)
3. Siswa dapat membaca ayat Al-qur’an yang berkaitan dengan sepuluh asmaul
husna ( P1 = gemar membaca
D. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui penjelasan guru siswa mampu menjelaskan pengertian Asma’ul Husna
2. Melalui penjelasan guru siswa mampu menyebutkan 10 Asma’ul Husna
3. Melalui Media Bacaan siswa dapat membaca surah Al-qur’an yang berkaitan dengan 10 Asma’ul Husna
- Materi Pembelajaran : Sepuluh Asma’ul Husna
- KKM :75
- Strategi Pembelajaran
a.Pendekatan : CTL, PAKEM,EEK
b.Model : Pembelajaran Langsung
c.Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan dan Resetasi
- Langkah-langkah Pembelajaran
Sintaks
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
Metode
|
Fase 1
Penyampaikan tujuan dan pemotivasian
|
Kegiatan Awal
Apersepsi:Dengan
Bertanya materi se
belumnya dan kesiapan sisw
-anak-anak gimana sudah siap belaja..? dan coba sibutkan salah satu sifat wajib bagi Allah dengan artinya ”ya benar”.
Dan sekarang bapak guru menjelaskan pengertian Asma’ul husna dengan tujuan siswa mampu Menjelaskan pengertian Asma’ul Husna
|
Mendengarkan,mencatat
( Eksplorasi )
|
10 menit
|
- Ceramah
|
Fase II
Mendemonstrasikan,pengetahuan, keterampilan
|
Kegiatan Inti
Secara diklaratif guru menyajikan imformasi tentang Asma’ul Husna
|
Siswa melihat,mendengarkan dan mencatat
(eksplorasi)
|
60 Menit
|
Ceramah
Relegius
|
Fase III
Membimbing pelatihan
|
Guru mengamati kegiatan siswa dalam mencari surah Al-qur’an tentang 10 Asma’ul husna dibuku paket dan mengamati serta menilai sikap dan minat siswa dalam belajar
|
Siswa membaca buku paket, bertanya jawab antar siswa, siswa dengan guru yang berkaitan dengan surat Al-qur’an tentang 10 Asma’ul husna
( Elaborasi )
|
Tanya Jawab
Diskusi
Gemar membaca
| |
Fase IV
Mengecek Pemahaman, dan memberikan Umpan Balik
|
Guru meminta kepada siswa untuk membaca surah Al-qur’an yang berkaitan dengan 10 Asma’ul husna
|
Siswa membaca dalil Al-qur’an tentang 10 Asma’ul husna secara bergiliran
( Elaborasi
|
Penugasa
Kerja keras
Gemar membaca
|
Fase V
Memberikan riward, Latihan, memberikan penguatan
|
Penutup
Guru menyimpulkan dan mengoreksi memberikan riward serta refleksi terhadap kegiatan siswa.
( Kompermasi )
|
Siswa memperhatikan, mencatat, dan berterima kasih atas riward serta memberi tanggapan terhadap proses belajar mengajar hari itu.
|
5 Menit
|
- Religius
- Gemar membaca
|
G. Sumber Belajar :
: Buku PAI Kelas VII
H.Sestem Penilaian
No
|
KD/Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Bahan/Kls/
Smt
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Tes
|
No Soal
|
1
|
Menyebutkan Arti ayat Al’qur’an yang berkaitan dengan 10 Asma’ul Husna
-Siswa dapat menjelaskan pengetian Asma’ul husna
-Menyebutkan 10 Asma’ul husna
-Siswa dapat membaca Ayat Al-qur’an yang berkaitan dengan 10 Asma’ul Husnah
|
VII/I
VII/I
|
Asma’ul Husnah
|
Melalui tes uraian Siswa dapat Jelaskan pengertian Asma’ul Husna
Melalui tes uraian Siswa dapat ebutkan 10 Asmaul husna dengan benar
Melalui media Audio Visul Siswa dapat membaca Ayat-ayat Al-qur’an berkaitan dengan 10 Asmaul Husnah
|
Uraian
Uraian
|
1
2
3
|
MERAKIT INSTRUMEN PENILAIAN
TES KOGNETIF
Petunjuk : Bacalah dengan saksama, kemudian jawablah petanyaan di bawah ini dengan benar
Indikator Soal
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian Asma’ul husna
2. Siswa dapat menyebutkan 10 Asma’ul husna
3. Siswa dapat membaca ayat Al-qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul husna
Soal
|
Kunci
|
Skor
|
|
Nama-nama Allah yang baik
1.Arrahman, Al-qudus,Al Qaiyyum dll
|
2
15
8
|
25
|
Sumbawa, September 2011
Mengetahui
Kepala SMPN.....
Guru Mata Pelajaran
PUNIJAN, S.Pd A.LATIF, S.Ag
NIP. 19710201 199703 1 012
NIP.19710110 199702 1 003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar